News

ERUPSI GUNUNG SEMERU, UINSA BERANGKATKAN RELAWAN DAN LOGISTIK

ERUPSI GUNUNG SEMERU, UINSA BERANGKATKAN RELAWAN DAN LOGISTIK

UINSA Newsroom, Rabu (8/12/2021); Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya memberangkatkan tim Relawan Tanggap Bencana Erupsi Gunung Semeru ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Rabu, 8 Desember 2021. Tim yang diberangkatkan meliputi Perwakilan Mahasiswa UKM dan UKK Mapalsa, Resimen Mahasiswa (Menwa), dan Pramuka berjumlah 10 orang. Bertindak sebagai komandan dalam relawan kali ini ialah Dr. Agus Santoso, S.Ag, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) bersama Muhammad Helmi Umam, S.Ag., M.Hum., Ketua Program Studi Pemikiran Islam FUF.

Dalam ceremony keberangkatan ini hadir mewakili pimpinan, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK), Prof. Dr. Abu Azam Al Hadi, M.Ag.; Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Muhid, M.Ag.; Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) UINSA Surabaya,  Hj. Nanik Anjarwati, S.Ag., Dekan, Kabiro, Kepala UPT, Kepala UPZ, serta tamu undangan.

Dr. Muhid, M.Ag., dalam sambutan menyampaikan bahwa relawan yang dikirim menuju Kabupaten Lumajang dibagi menjadi 3 gelombang. Keberangkatan kali ini merupakan gelombang pertama. “Keberangkatan kita ini sementara untuk melihat situasi dan kondisi serta mengantar bantuan logistik ke tempat pengungsian, serta kita nanti akan membantu kegiatan masyarakat,” ujar Dr. Muhid.

Lebih lanjut Dr. Muhid menuturkan, bahwa kegiatan sosial tersebut diharapkan dapat menjadi amal baik bagi semua. “Ini menjadi amal yang baik bagi kita untuk membantu masyarakat pasca terjadinya erupsi Gunung Semeru. Sedikit uluran tangan kita Insyaalah akan juga sedikit meringankan beban mereka yang disana. Semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Prof. Abu Azam dalam sambutan keberangkatan relawan menyampaikan terkait bantuan yang berhasil dikumpulkan. Bantuan yang sudah terkumpul berasal dari dosen, pegawai, tenaga pendidikan, serta seluruh keluarga besar UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dan juga bantuan dari Unit Pengumpul Zakat. “Sementara itu, bantuan logistik yang kita kirim meliputi bahan makanan, pampers, pakaian, mukenah, dan lain sebagainya,” jelas Prof. Abu Azam.

Prof. Abu Azam juga memberikan pesan kepada mahasiswa yang diberangkatkan agar senantiasa menjaga tata krama dan sopan santun di kalangan masyarakat desa. “Karena masa pandemi, menjaga kesehatan juga menjadi hal utama. Relawan UINSA, berangkat dalam keadaan sehat, dan pulang harus dalam keadaan sehat. Jangan sampai menjadi lilin, menerangi yang lain namun menyakiti dirinya sendiri. Tapi anda menjadi penerang dan penenang,” jelas Prof. Abu Azam di akhir sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan doa dan pemberian bantuan logistik secara simbolis dari Ketua DWP dan perwakilan UPZ yang diserahkan kepada Wakil Rektor Bidang AUPK dan Wakil Rektor Bidang KK UINSA Surabaya. (Nas-Alf/Humas)