News

Refleksi Nilai Kepahlawanan Dalam Bingkai Pemikiran Mahasiswa

Refleksi Nilai Kepahlawanan Dalam Bingkai Pemikiran Mahasiswa

FISIP UINSA memiliki Jurnal baru! The Sunan Ampel Review of Political and Social Sciences (The SARPASS) baru saja diterbitkan dalam acara Launching Jurnal The SARPASS dan Apresiasi Aspinall Scholarship bagi Pemenang Lomba Esai Hari Pahlawan pada 30 Nopember 2021 melalui zoom meeting. Kegiatan tersebut dibuka oleh Masitah Effendi, M.Sosio. selaku MC, dan keynote speech oleh Wakil Dekan I FISIP, Dr. Abd. Chalik, M.Ag. Berikutnya, Ajeng Widya Prakasita, M.A. selaku moderator mempersilahkan Ridha Amaliyah, S.IP, MBA selaku Editor in Chief The SARPASS untuk menerbitkan jurnal The SARPASS Vol. 1 No. 1 secara resmi. Kemudian, Nur Luthfi Hidayatullah, S.IP., M.Hub.Int. selaku Managing Editor jurnal The SARPASS mempresentasikan situs http://jurnalfisip.uinsby.ac.id/index.php/sarpass dan menjelaskan tata cara submit artikel ke jurnal.

Kegiatan zoom meeting dilanjutkan dengan presentasi oleh empat mahasiswa finalis Lomba Menulis Esai Hari Pahlawan. Lomba Menulis Esai FISIP UINSA 2021 bertujuan mendorong dan memperluas pemikiran inovatif dan kritis mahasiswa, dengan menawarkan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengekspresikan pemikiran unik mereka melalui tulisan. Tahun ini, Lomba Esai FISIP UINSA mengusung tema Hari Pahlawan, yang diperingati setiap tahun pada 10 November. Pemenang lomba menerima Beasiswa senilai total Rp 3.825.000 dari Aspinall Scholarship dan sertifikat apresiasi.

Dari sekian banyak peserta lomba, hanya empat mahasiswa yang terpilih untuk babak final. Finalis mempresentasikan esai mereka dalam webinar yang diadakan oleh Fakultas pada tanggal 30 Nopember 2021. Annisa Rizkia Ahmad Rahmatullah mempresentasikan tentang Revolusi Mental Membangun Jiwa Nasionalisme di Era Milenial: Jangan Jadi Budak di Negeri Sendiri, Ayo Bangkit Lanjutkan Cita-cita Pahlawan NKRI!. Eva Putriya Hasanah mempresentasikan tentang Hari Pahlawan sebagai Momentum untuk Bergerak mencegah terjadinya krisis iklim – Sebuah Upaya Edukasi Iklim dan Terciptanya Greenpreneur di Indonesia. Muhammad Torieq Abdullah mempresentasikan tentang Menggemakan Slogan ‘Utamakan Bahasa Indonesia’ sebagai Bentuk Mengenang Pahlawan dalam Bingkai Nasionalisme. Qurrota A’yun mempresentasikan tentang Bermimpi Setinggi Langit sebagai Cara Mengenang Pahlawan. Kegiatan diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba Esai Pahlawan dan pemberian uang hadiah. Karya keempat pemenang lomba Esai Hari Pahlawan dapat dibaca di bagian kolom situs FISIP UINSA