News

FDK UIN Sunan Ampel Surabaya Studi Banding dengan FIKOM UBL Jakarta & FDK UIN SGD Bandung

FDK UIN Sunan Ampel Surabaya Studi Banding dengan FIKOM UBL Jakarta & FDK UIN SGD Bandung

Pada hari Selasa - Kamis (23-25/11/2001) Fakultas Dakwah dan Komunikai UIN Sunan Ampel Surabaya mengunjungi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur (FIKOM UBL) Jakarta dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kunjungan tersebut dalam rangka  Focus Group Discussion (FGD) tentang pengelolaan Fakultas dan Program Studi dimasing-masing Perguruan Tinggi (PT).

Dalam perjalanan dinas ini dari FDK UIN Sunan Ampel diwakili oleh Dr. Hj. Luluk Fikri Zuhriyah, M.Ag.(Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan), Pardianto S.Ag., M.Si. (Kaprodi Ilmu Komunikasi), Yusria Ningsih, S.Ag, M.Kes (Sekprodi Pengembangan Masyarakat Islam), Khairul Hakim, S.Ag, M.Si. (Sekprodi Manajemen Dakwah), Noor Tatik Handayani, S.Ag, M.Pd,I (Koordinator Bagian Tata Usaha).

Pada kunjungan hari pertama Tim FDK UINSA diterima langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta, Dr. Nawiroh Vera, M.Si dan seluruh Jajarannya. Menurut Bu Vera, pengelolaan FIKOM UBL ini struktur kepemimpinannya adalah Dekan, dibawahnya ada kepala sekretariat Fakultas beserta staf, kemudian langsung Ketua program studi. FIKOM UBL ada 3 (tiga) program  studi, yaitu Ilmu Komunikasi (S2), Ilmu Komunikasi (S1) dan Desain Komunikasi Visual (S1). “Melihat struktur tersebut di FIKOM UBL tidak ada wakil dekan, sehingga semua berfokus pada program studi yang dibawahnya ada beberapa staf yang membantu operasional dalam menjalankan pembelajaran,” ujarnya.

Lebih Lanjut B Vera menjelaskan,  untuk mengembangkan prodi, prodi ilmu komunikasi (S1) terdapat 4 (empat) konsentrasi yaitu; Digital media & Advertising, Komunikasi Pariwisata, Public Relations, Broadcast Journalism. Untuk program studi Desain Komunikasi Visual (S1) terdapat 3 (tiga) Konsentrasi yaitu; Graphic design, Animation dan game desain.

Menanggapi penjelasan dari dekan FIKOM UBL tersebut Bu Luluk mewakili dekan FDK UINSA mengucapkan terima kasih atas penjelasannya, ternyata struktur pimpinan di FIKOM UBL sangat sederhana dan fokus dalam bekerja. Karena kami di FDK UINSA masih ada pimpinan yang lengkap, mulai Dekan, Wakil Dekan, Jurusan kemudian Program Studi dan dibantu Koordinator bidang administrasi & umum serta tenaga kependidikan, urainya.

Setelah selesai melakukan  FGD dan melihat laboratorium di FIKOM UBL Jakarta, kemudian Tim FDK UINSA menuju kota Bandung. Pada hari kedua ini Tim FDK UINSA mengadakan Focus Group Discussion  dengan  Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dr. Ahmad Sarbini, M.Ag. sebagai dekan FDK UIN SGD mengucapkan  terima kasih  kepada seluruh tamu yang hadir pada hari ini,  yaitu FDK UINSA dan  Fakultas Dakwah UIN SMH Banten. Semoga FGD pada hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sehingga kita bisa saling tukar pengalaman dalam pengelolaan lembaga  perguruan tinggi ini, jelasnya.

Lebih lanjut Sarbini menjelaskan bahwa dalam pengelolaan Fakultas, kita memfokuskan kepada pelayanan pada semua pihak, mulai dosen, tenaga kependidikan dan terutama para mahasiswa. Mahasiswa ini adalah generasi penerus kita, sehingga kita harus melayani dengan baik, kita harus mendidiknya dengan baik, agar kelak ketika menjadi pemimpin akan menjadi pemimpin yang lebih baik, urainya. (Tim FDK).