News

Fakultas Psikologi dan Kesehatan Laksanakan Pelatihan Relaksasi Manhaj Sayyidul Istighfar di UPT PSTW Jombang

Fakultas Psikologi dan Kesehatan Laksanakan Pelatihan Relaksasi Manhaj Sayyidul Istighfar di UPT PSTW Jombang

Jombang- Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya kembali melaksanakan kegiatan pelaksanaan relaksasi di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha (PSTW) Pemprop Jawa timur Jombang. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 23 November 2021. 

Kegiatan relaksasi dibimbing oleh Dr H. Hamim Rosyidi dan Drs. Rahmat selaku dosen dan staff Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Relaksasi dilakukan kepada 68 subjek yang terdiri dari para lansia penghuni panti ini juga dibantu oleh mahasiswa semester 5 Psikologi sebanyak 5 orang yang ditugaskan untuk memberikan konseling kepada peserta yang memerlukan. 

Dr H. Hamim Rosyidi menggunakan metode pelatihan relaksasi Manhaj Sayyidul Istighfar dengan tujuan untuk menghantarkan diri agar suci dari dosa, memiliki aura/perisai diri dari kekuatan luar yang mengganggu. Di aula gedung PSTW beliau memaparkan materi mengenai relaksasi Manhaj Sayyidul Istighfar yang menekankan pada pengakuan Allah sebagai Tuhan yang menciptakan alam semesta beserta isinya, juga sebagai tempat manusia untuk memohon ampunan. 

Dikutip dari Panduan Relaksasi Sayyidul Istighfar oleh Dr H. Hamim Rosyidi bersama Drs. Rahmat, memaparkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan relaksasi tersebut, dimulai dengan melakukan wudhu dengan baik kemudian dilanjut dengan melaksanakan shalat taubat dua rakaat. Selesai shalat taubat, dianjurkan untuk menulis detail hal-hal yang akan dimintakan ampun, disyukuri, juga hal-hal yang akan dimohonkan kepada Allah SWT, melakukan hal tersebut dengan penuh penghayatan sampai meneteskan air mata secara alamiah sehingga secara fisik maupun psikis akan merasakan perasaan yang rileks.

Setelah pemberian materi selesai dan sesi konseling sudah berakhir, dilanjutkan dengan sesi foto bersama sebagai akhir dari kegiatan pelatihan relaksasi pada siang kemarin.