News

Mahasiswa Biologi Juarai Youth Inspiring The World: Smart Campaign Strategy to Save Indonesian Forest

Mahasiswa Biologi Juarai Youth Inspiring The World: Smart Campaign Strategy to Save Indonesian Forest

Kegiatan kompetisi Desain Poster Nasional bertema Youth Inspiring The World: Smart Campaign Strategy to Save Indonesian Forest ini diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sumatera. Radinal Kautsar, mahasiswa Biologi FST UINSA berhasil memperoleh Juara 2 Kompetisi Nasional ini. Kaprodi Biologi mengungkapkan syukurnya atas prestasi ini. “Alhamdulillah, prestasi ini menunjukkan salah satu bentuk implementasi dari Visi Misi Biologi kami yang berwawasan Konservasi Biologi Tropika”, ungkap Esti Tyastirin, M.KM. Pada kompetisi ini, 5 peserta terbaik yang menjadi finalis diundang ke seminar nasional “Voice from Our Forest” untuk mempresentasikan karya. Dari awal sebagai Finalis Radinal Kautsar sudah memperoleh posisi ke 2. Hingga akhirnya diumumkan Juara, mahasiswa Biologi yang terkenal aktif ini mendapatkan Juara Runner Upnya setelah Juara 1 diperoleh mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB). “Tidak mengapa kita mendapat Runner Up, karena Juara 1 nya adalah kampus besar sekaliber ITB. Hal ini menunjukkan bahwa kita patut untuk disandingkan dengan kampus-kampus besar.” jelas Yuanita Rachmawati, M.Sc. selaku pembimbing. Kompetisi ini diselenggarakan sebagai upaya penyadartahuan akan pentingnya hutan bagi seluruh makhluk hidup dan hal apa yang bisa dilakukan untuk menjaga hutan khususnya oleh pemuda pemudi Indonesia. “Untuk alasan tersebut, kita merasa patut untuk mendukungnya dengan berpartisipasi menyumbangkan ide membuat poster yang atraktif, agar masyarakat menjadi paham akan pentingnya hutan sebagai paru-paru dunia”, lanjut Yuanita.

Radinal Kautsar memberikan judul pada karyanya Menyuarakan untuk Mereka yang Tak Bisa Bersuara. Dalam caption posternya, Radinal menuliskan:

[Menyuarakan untuk Mereka yang Tak Bisa Bersuara]

Hutan merupakan wilayah di daratan yang didominasi oleh pepohonan. Hutan merupakan paru-paru dunia yang menyediakan sumber oksigen bagi seluruh organisme di bumi.

Tahukah kamu? 10% wilayah hutan di dunia ada di Indonesia lho! >10% spesies hewan dan tumbuhan di dunia dapat ditemukan di Indonesia. Namun, perkembangan zaman membuat kesejahteraan mereka terabaikan. Hutan yang sejatinya menjadi rumah bagi hewan dan tumbuhan, kini banyak beralih fungsi menjadi lahan industri, perkebunan, dan pemukiman.

Hal ini harus menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dalam menerapkan kebijakan-kebijakan serta menegakkan hukum kepada para pelaku illegal logging (penebangan liar)

Sebagai generasi muda, langkah apa sih yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan hutan Indonesia? Kita bisa mengikuti gerakan reforestasi, atau penanaman kembali pada wilayah hutan yang terdegradasi. Selain itu, kita bisa menanam pohon di rumah sebagai upaya dalam menjaga iklim global serta mengurangi global warming.

Mari sama-sama menjaga hutan Indonesia, demi kesejahteraan bersama!

 

 Wakil Dekan III FST UINSA Yusuf Amrozi, M.T. memberikan apresiasi dan menjelaskan bahwa milestone prestasi ini merupakan bagian dari historical evidence dalam rangka untuk membangun reputasi baik skala nasional dan internasional. “Oleh sebab itu sy memberi apresiasi atas pencapaian ini, sekaligus berpesan pada mahasiswa FST UINSA yg lain, jangan alergi untuk ikut2 lomba. Dengan begitu akan ada kemungkinan mendapat prestasi, tetapi jika tidak mencoba maka akan tertutup peluang sama sekali”, tegas Yusuf.