News

AUDIT EKSTERNAL STAGE 2 ISO 9001:2015 DAN 21001:2018 UINSA SURABAYA

AUDIT EKSTERNAL STAGE 2 ISO 9001:2015 DAN 21001:2018 UINSA SURABAYA

UINSA Newsroom, Jumat, (15/10/2021); UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya melaksanakan Audit Eksternal stage 2 ISO Seri 9001:2015 untuk Biro AUPK, Biro AAKK, dan ISO Seri 21001:2018 sekaligus ISO 9001:2015 untuk Pascasarjana selama 2 hari, 14-15 Oktober 2021 bersama PT. MSC Global Indonesia. Kegiatan yang dikawal Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masing-masing pemangku kepentingan. 

Rektor menyatakan, bahwa kegiatan penjaminan mutu eksternal ini sangat dibutuhkan institusi pendidikan yang besar seperti UINSA Surabaya. Evaluasi dan perbaikan mutu pendidikan yang berkelanjutan diharapkan akan memperbaiki pelaksanaan proses PPEPP, yang meliputi Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan Standar.

Kegiatan audit ISO hari pertama dilakukan di Pascasarjana UINSA Surabaya. Kelima auditor yang hadir bertugas di seluruh program studi Pascasarjana yang berjumlah 14 prodi. “Kami siap menerima dan menyediakan dokumen yang dibutuhkan oleh para auditor,” ujar Wakil Direktur Pascasarjana, Dr. Ahmad Nur Fuad, M.Ag., Jajaran manajemen, para Ketua Prodi, dan Sekretaris Prodi sigap merespon pertanyaan para auditor yang berfokus pada manajemen tata kelola organisasi dan proses mutu pendidikan.

Ketua Prodi Doktor Studi Islam, Dr. Hammis Syafaq, M.Ag., menyatakan kelegaannya atas proses audit di program studinya. “Menurut auditor, dokumen kami lumayan lengkap,” ungkapnya. Kegiatan audit dari jam 09.30 hingga 16.00 ini berjalan tertib dan lancar.

Diskusi santai antara auditi dan auditor pun berlangsung sebelum akhirnya kegiatan hari pertama audit ISO ditutup dengan foto bersama. Hari kedua, 15 Oktober 2021 Audit dilaksanakan di Biro AUPK dan Biro AAKK, dilanjutkan dengan ekspose hasil audit eksternal sekaligus penutupan yang dihadiri Wakil Rektor I, Dra. Wahidah Zein Br. Siregar, MA, Ph.D., Waki Rektor 3, Dr. Muhid, M.Ag., Auditee Biro AUPK, Biro AAKK, dan Pascasarjana, LPM, serta Tim Auditor.

Drs. H. Rijalul Faqih, M.Si., selaku Kepala Biro AUPK menyatakan pihaknya siap menyambut tim auditor dan akan memenuhi segala dokumen yang dibutuhkan. Kegiatan audit pada Biro AUPK dan AAKK berlangsung dengan lancar.

Hal ini direspon baik Tim Auditor, sebagaimana yang disampaikan Solihin selaku Lead Auditor PT. MSC Global Indonesia. Ia pun mengapresiasi komitmen Biro dan Pascasarjana yang telah mempersiapkan dokumen kelengkapan audit dengan baik. "Walau masih terdapat beberapa dokumen yang belum terpenuhi, akan tetapi secara keseluruhan Pascasarjana, Biro AAKK dan Biro AUPK layak untuk mendapatkan sertifikasi ISO,” tegasnya. 

Tentu hal ini menjadi pencapaian yang luar biasa bagi UINSA Surabaya. Khususnya Pascasarjana, Biro AUPK, dan Biro AAKK. 

Wakil Rektor I, Dra. Wahidah Zein Br. Siregar, MA, Ph.D. menyampaikan rasa terimakasihnya kepada LPM, Pascasarjana, Biru AUPK, Biro AAKK, dan para Auditor yang telah sukses melaksanakan Audit eksternal dengan baik dan lancar. “Audit eksternal bertujuan memastikan dan melakukan kontrol pada Lembaga agar sesuai dengan komitmen yang telah dijanjikan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh elemen lembaga dan stakeholder," ujarnya. Dengan didapatkannya sertifkikasi ISO diharapkan selalu meningkatkan mutu layanan di lingkungan UINSA Surabaya. (Tim Pendamping ISO-LPM)