News

SEKOLAH PENDAMPING DESA MEREALISASIKAN PROFIL PROGRAM STUDI SOSIOLOGI

SEKOLAH PENDAMPING DESA MEREALISASIKAN PROFIL PROGRAM STUDI SOSIOLOGI

Kamis (14/10/2021),Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UiN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan webinar Sekolah Pendamping Desa, dengan mengundang narasumber yang ahli pada bidangnya, yaitu Bapak Muslim afandi, S.Sos., I, M.Si (Tenaga Ahli Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan Surakarta) dan Bapak Dr. Ir. Suyanto, MM (Master Asesor BNSP dan Dosen DPK Universitas Dr. Soetomo Surabaya). Pendamping desa merupakan salah satu tenaga profesional yang memiliki kualifikasi dan kompetensi dibidang pendampingan pembangunan, pemberdayaan masyarakat desa. Dalam pendampingan desa dilakukan oleh seorang fasilitator. Seorang Fasilitator mempunyai peran dan fungsi, yaitu mengedukasi komunitas, membangun kemandirian masyarakat dengan potensi lokal mereka, membangun organisasi dan kelompok sosial masyarakat, sera melakukan upaya kesadaran kritis untuk perubahan sosal.

Tenaga pendamping desa juga memerlukan sertifikasi. Setifikasi diperlukan agar menjadi tenaga pendamping yang profesional. “Untuk sertifikasi yang diujikan adalah tentang pengetahuan, skill dan sikap kerja, adapun persyaratan spesifik yaitu kriteria sertifikasi, metoda penilaian sertifikasi/survailen, kriteria untuk pembekuan dan pencabutan sertifikat yang berkaitan dengan kategori kualifikasi leveling atau jabatan atau keterampilan tertentu dari seseorang.”, tutur Suyanto.

Pentingnya membangun desa lewat kuliah kerja nyata yang di sampaikan oleh Bapak Suyanto yaitu, “Mempersiapkan mahasiswa sebagai generasi andal karena telah diberi pengalaman dan kesempatan mengembangkan ilmu dan minat mahasiswa dalam bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.” Pendamping desa ini juga bisa menjadi kegiatan MBKM karena terdapat kegiatan pembelajaran, contohnya mahasiswa dapat membangun desa/kuliah kerja nyata tematik. Dalam webinar ini banyak sekali ilmu yang dapat diambil, salah satunya sertifikasi profesi pendamping desa akan menjamin terselenggaranya layanan pendampingan desa yang berkualitas, pengalaman kerja sesuai kebutuhan masyarakat dan Desa. Bagi institusi pengguna, sertifikasi akan menjamin bahwa tenaga pendampingan profesional yang dipekerjakan benar – benar memiliki kompetensi sesuai kebutuhan dan biaya yang telah dikeluarkan serta bagi tenaga pendamping profesional, sertifikasi ini merupakan pengakuan terhadap profesinya, pengakuan tersebut akan di ikuti oleh adanya penghargaan (gaji, upah, dan insentif lain) sehingga masa depan dan keberlanjutan profesi tenaga pendamping profesional akan semakin terjamin.(Masitah)