News

DAY 2 FAKULTAS PSIKOLOGI DAN KESEHATAN GELAR ICOSHPRO KE-2

DAY 2 FAKULTAS PSIKOLOGI DAN KESEHATAN GELAR ICOSHPRO KE-2

SIDOARJO - Selasa (05/10/2021), Fakultas Psikologi dan Kesehatan menyelenggarakan Acara ICOSHPRO yang ke-2 (The 2nd International Conference on Sustainable Health Promotion Post-Pandemic Health Promotion: A Multidisciplinary Approach). Pembukaan acara ICOSHPRO Ke-2 diselenggarakan pada tanggal 4 Oktober 2021 pukul 09.00 WIB. Acara ini bertempat di Greensa lantai 5 Ruangan Convention Hall. Pembukaan ICOSHPRO dilakukan oleh Ibu Dekan dengan didampingi oleh Wakil Dekan 1, 2, dan 3.

Pada hari kedua penyelenggaraan ICOSHPRO (05/10/2021), jumlah peserta yang mengikuti sama banyaknya dengan hari pertama sekitar >400 peserta dengan jumlah peserta prosiding sebanyak 17 peserta yang dicakup dari beberapa universitas di seluruh Indonesia seperti UNAIR, UNTAG Surabaya, UIN Walisongo, dan universitas lainnya. Pada kegiatan ini, peserta dibagi menjadi dua breakout room di mana pada breakout room pertama presentasi bertema psikologi bersama 10 presenter dengan Dr. S. Khorriyatul Khotimah, M.Psi,Psikolog sebagai moderator. Sedangkan di breakout room kedua presentasi bertema kesehatan bersama 7 presenter dengan Dedy Suprayogi, M.KL sebagai moderator. Masing-masing rentang waktu presentasi dari presenter ialah 10-15 menit dengan dilanjutkan sesi tanya jawab. 

Salah satu presenter di breakout room 1 disampaikan oleh Dr. dr. Hj. Siti Nur Asiyah, M.Ag yang memaparkan terkait topik "Sisi Positif dari Masa Pandemi." Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan spiritualitas dan subjective well-being terhadap imunitas individu. Penelitian ini melibatkan sebanyak 135 orang ibu-ibu pengajian sebagai subjek penelitian. Dalam presentasi tersebut ada beberapa pembahasan yakni: Kesempatan lebih besar untuk berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, menaruh lebih banyak perhatian terhadap sesama, melihat pandemi dari sisi positif, serta membahas keterkaitan well-being dengan spiritualizing. Dalam hari ini juga ditekankan terkait keseimbangan homeostatis, yakni keseimbangan antara fisik dan psikis di masa pandemi.

"2nd ICOSHPRO tahun ini memang berbeda dibanding tahun sebelumnya karena diselenggarakan di masa pandemi. Akan tetapi hal ini tidak menyurutkan semangat peneliti untuk melakukan penelitian dengan tema terkait kondisi pandemi pula. Menurut saya, penelitian-penelitian yang dipresentasikan semuanya menarik dan beragam karena memberi pengetahuan baru terkait masalah di komisi pandang dari sudut pandang akademis. Menurut pengamatan saya yang mengikuti room bertema psikologi, values dan beliefs masyarakat terkait protokol kesehatan hingga pola makan mengalami perubahan akibat WFH. Semua presentasi memberikan ide-ide baru dan peluang kerjasama kolaborasi antara peneliti. Secara garis besar di samping kendala teknis pelaksanaan, 2nd ICOSHPRO berlangsung lancar dan memberikan manfaat bagi semua peserta," ujar Qurrota A'Yuni Fitriana, S.Psi., M.Psi, Psikolog dalam sesi wawancara.

Penutupan Acara ICOSHPRO dilaksanakan pada 05 Oktober 2021 pukul 12.00 WIB, oleh Dr. dr. Hj. Siti Nur Asiyah, M.Ag selaku Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan dengan didampingi oleh Wakil Dekan 1, 2, dan 3.