News

DAY 1 FAKULTAS PSIKOLOGI DAN KESEHATAN GELAR ICOSHPRO KE-2

DAY 1 FAKULTAS PSIKOLOGI DAN KESEHATAN GELAR ICOSHPRO KE-2

SIDOARJO- ICOSHPRO. The 2nd International Conference on Sustainable Health Promotion Post-Pandemic Health Promotion: A Multidisciplinary Approach digelar di Hotel Greensa, Jl. Raya Bandara Juanda, Kabupaten Sidoarjo, dimulai pada tanggal 4 Oktober 2021 pukul 09:00 WIB dan ditutup pada 5 Oktober 2021 pukul 12:00 WIB. ICOSHPRO menjadi acara tahunan yang diselenggarakan Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya. 

ICOSHPRO 2021 dilakukan secara daring dan luring akibat situasi pandemi yang belum sepenuhnya berakhir. Termasuk dengan pembicara yang berasal dari luar negeri terpaksa harus menyampaikan materinya melalui aplikasi "Zoom meeting". Meskipun terjadi sedikit kendala namun acara ICOSHPRO yang dilaksanakan Senin 4 Oktober pukul 09:00 WIB sampai pukul 16:00 WIB berjalan lancar.

"Jadi series ICOSHPRO 1, 2, 3 tentu saja temanya berbeda-beda. Perbedaannya juga tahun ini pelaksanaannya ada luringnya terbatas, tetapi sebagian besar daring. Terutama untuk narasumber kita dari luar negeri maupun yang dari kota lain di Indonesia. Karena memang  masih terjadi di masa pandemi Covid-19. Alhamdulillah sampai hari ini pelaksanaannya cukup Lancar, intens, dan penuh  interaksi, interaktif sekali. Meskipun di awal-awal ada kendala soal jaringan, Tapi itu bukan masalah yang berarti. karena cepat ditangani oleh teman-teman panitia." Terang Dr. Moh. Irfan Hadi, M.KL selaku Wakil Dekan III Fakultas Psikologi dan Kesehatan. 

Berdasarkan data yang didapatkan dari Mei lina Fitri Kumalasari,SST., M.Kes dan Estri Kusumawati M.Kes selaku panitia acara ICOSHPRO 2021, tercatat sebanyak 500 peserta turut berpartispasi secara daring maupun luring. Peserta yang hadir secara daring terdiri dari mahasiswa Fakultas Psikologi dan Kesehatan, UIN Sunan Ampel Surabaya dan mahasiswa yang berasal dari luar UIN Sunan Ampel Surabaya. Sedangkan peserta luring yang turut berpartisipasi berasal dari forum komunikasi, dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya, Dinas Sosial, Universitas Tujuh Belas Agustus (UNTAG), dan Universitas Trunojoyo Madura (UTM). 

Tujuan dari tema tersebut yaitu untuk melihat bagaimana promosi kesehatan di tengah pandemi dari berbagai dimensi. Mengingat situasi pandemi membawa dampak yang begitu besar pada berbagai sektor kehidupan manusia. Wakil Dekan III menuturkan "Pandemi covid ini kan belum selesai, Jadi nanti kita ingin melihat promosi kesehatan terutama di masa pandemi ini kita lihat dari multidisiplinary approach. Jadi pendekatan multidisipliner mulai dari bidang kesehatan, psikologi, pendidikan islamic study, politik, sosial, ekonomi dan budaya dari lebih beragam topik, sub topik, subtema, yang kita inginkan itu lebih beragam pandangannya. Karena pandemi ini bukan semata-mata wilayah dari teman-teman kesehatan tapi juga ada ranah lain seperti ranah sosial dan ranah ekonomi.  

Dr. Moh. Irfan Hadi, M.KL juga berpesan, "Tetap sehat dan tetap semangat, jaga protokol kesehatan semoga pandemi ini segera berlalu." tutupnya.