News

Fakultas Saintek UINSA menjadi pemateri pada Madrasah Cyber PW Anshor Jawa Timur

Fakultas Saintek UINSA menjadi pemateri pada Madrasah Cyber PW Anshor Jawa Timur

FST News Room; Jumat sd Minggu, 17-19 September 2021, bertempat di salah satu hotel di Trawas Mojokerto diselenggarakan kegiatan Madrasah Cyber. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara PW GP Ansor Jawa Timur dengan UIN Sunan Ampel Surabaya.


Tujuan kegiatan ini adalah menyiapkan kemampuan generasi muda khususnya Ansor se Jatim untuk mampu dalam hal teknologi informasi secara teknis menyiapkan 'rumah' untuk konten digital, mengisi konten tersebut secara positif, serta ikut mengedukasi publik dalam hal literasi digital, termasuk menangkal hoaks dan lainnya.
Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dengan protokol kesehatan, dan diikuti peserta daru GP Ansor se Jawa Timur. Pada pembukaan hadir Rektor UIN Sunan Ampel serta Wakil Rektor 3, dan jajaranya, Ketua PW Ansor Jawa Timur serta panitia penyelenggara, serta Dekan FST UINSA. 

 

Bu Evi diberi seragam Ansor oleh Ketua Ansor Jatim, sesaat sebelum penandatanganan MOA

 


Diawal pembukaan juga dilaksanakan penandatanganan MOU antara Rektor dengan ketua GP Ansor Jatim, serta Penandatanganan turunan dari MOU tersebut yaitu MOA antara Dekan Saintek dengan Ketua GP Ansor Jatim seputar Gerakan Literasi Digital dan Madrasah Cyber ini.


"Secara khusus, pada acara ini, kami FST mendapatkan peran yang cukup penting yaitu memberi materi konsep dan pentingnya Literasi Digital, serta melatih peserta untuk membuat website, menganalisis big data, serta keterampilan tambahan bagaimana mendesain IoT untuk kebutuhan lapàngan", papar Dekan FST Dr. Evi Fatimatur Rusydiyah, Mag. 
Pada kesempatan yang sama Rektor UINSA Prof. Masdar Hilmy, MA, Phd menandaskan "Bahwa kegiatan ini merupakan komitmen Uinsa dalam mewujudkan University Community Enggagement melalui Gerakan Literasi Digital, dan menangkal berita hoaks, ujaran kebencian dan semacamnya. Alhamdulillah kami memiliki mitra yang pas untuk itu dalam upaya tujuan diatas".