News

TINDAK LANJUTI SEKOLAH AKREDITASI, DUA PROGRAM STUDI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN SIAP MENYONGSONG AKREDITASI LAMDIK

TINDAK LANJUTI SEKOLAH AKREDITASI, DUA PROGRAM STUDI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN SIAP MENYONGSONG AKREDITASI LAMDIK

Jumat, 5 Agustus 2022. Sebagai tindak lanjut dari sekolah akreditasi yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Ampel Surabaya. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menyelenggarakan rapat pimpinan yang dihadiri oleh  38 orang  dari unsur pimpinan; Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, Kepala Laboratorium, Koordinator serta Sub Koordinator bertempat di Meeting Room Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Rapat pimpinan dibuka langsung oleh Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S.Ag., M.Pd. selaku dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Dalam arahannya, Dekan menghimbau kepada seluruh pimpinan untuk segera berbenah diri dalam mempersiapkan diri menuju akreditasi unggul pada semua program studi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Lebih lanjut dalam sambutannya menegaskan “ akreditasi adalah core bisnis akademik kita sudah sepantasnya akreditasi unggul menjadi tujuan kita bersama, oleh karena itu semua kebijakan dan kegiatan harus mengacu kepada output dan outcome akreditasi pada LAMDIK.” 

Hal serupa ditegaskan oleh Prof. Dr. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan “kegiatan akademik perlu memperhatikan dan mengacu pada kebutuhan akreditasi, pastikan apa yang dilakukan sesuai dengan tagihan akreditasi, bahkan kalau bisa kita kaji apa yang yang menjadi kebutuhan dalam matrik penilaian akreditasi”.  Sebagai asesor LAMDIK beliau menegaskan bahwa untuk meraih akreditasi unggul, prodi harus memastikan profil prodi pada Pusat Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDDIKTI) lengkap mulai data dosen dan mahasiswa, dari data transaksi akademik dosen dan mahasiswa sampai pada jumlah mahasiswa aktif terutama prodi-prodi yang harus segera reakreditasi yaitu Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Rapat kemudian dilanjutkan dengan  rencana pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II dan PMPI yang disampaikan oleh Kepala Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dr. Taufik, M.Pd.I, dalam paparannya, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II dan PMPI akan diikuti oleh 409 mahasiswa dengan melibatkan 59 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Pelaksanaan PLP II dan PMPI  ditempatkan pada 59 sekolah/madrasah yang tersebar pada tiga Kabupaten/Kota. Rencana awal pelaksanaan tanggal 5 September s.d 21 Oktober akan tetapi pada tanggal  5 September bertepatan dengan kuliah perdana maka kegiatan PLP II dan PMPI di mulai pada tanggal 7 September 2022.

Pembahasan selanjutnya terkait dengan kegiatan akademik dan dan ploting dosen semester ganjil dipandu oleh Wakil Dekan Bidang akademik Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag. Beliau menegaskan bahwa untuk seluruh kegiatan akademik seperti ujian proposal, ujian skripsi, pembimbingan akademik, dll wajib menggunakan aplikasi SINAU yang telah disediakan oleh kampus. Sebagai bentuk tindak lanjut Kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya tentang permintaan mahasiswa magang akan segera dibuatkan panduan magang bagi mahasiswa, kegiatan ini juga mendukung pelaksanaan kurikulum MBKM.

Acara penutup yaitu sosialisasi sinau oleh Joko Liswadi, S.Kom dan sinkronisasi ploting dosen dan mata kuliah untuk semester ganjil. Hal yang menarik pada sesi ini adalah pemetaan dosen dan pengurangan Dosen Luar Biasa (DLB) dengan mengacu pada matrik penilaian akreditasi sehingga masing-masing prodi betul-betul mencermati dan memetakan mata kuliah serta memaksimalkan Dosen Dengan Tugas Tambahan (DT) dan Dosen biasa (DS) pada masing-masing prodi. (Aini/AF).