News

GUBERNUR JATIM LANTIK REKTOR UINSA JADI KETUA BIDANG EDUKASI KOMITE KOMUNIKASI DIGITAL

GUBERNUR JATIM LANTIK REKTOR UINSA JADI KETUA BIDANG EDUKASI KOMITE KOMUNIKASI DIGITAL

UINSA Newsroom, Jumat (01/07/2022); Rektor UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mendapat amanah dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai Ketua Komisi Edukasi pada Komite Komunikasi Digital Provinsi Jawa Timur. Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., dikukuhkan dalam Pelantikan Komite Komunikasi Digital Provinsi Jawa Timur Periode Tahun 2022-2024 oleh Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis, 30 Juni 2022.

Komite Komunikai Digital Provinsi Jawa Timur disahkan melalui keputusan Gubernur Jawa Timur nomor 188/275/KPPS/013/2022 tanggal 13 April 2022 tentang kepengurusan Komite Komunikasi Digital Provinsi Jawa Timur.

Kelahiran Komite Komunikasi Digital ini, menurut Dr. Hudiyono, M.Si., selaras dengan berbagai regulasi yang memberikan payung hukum bagi masyarakat dalam memanfaatkan data dan informasi digital. Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Timur ini menjelaskan, Kelahiran Komite Komunikasi Digital selaras dengan UU Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, UU. No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, serta Perpres Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. 

Secara khusus, Dr. Hudiyono, M.Si., menjelaskan, bahwa banyaknya masalah di ruang publik digital harus segera mendapatkan perhatian. Yakni dengan sinergitas antar lembaga pemerintah termasuk keterlibatan TNI, Polri, unsur media massa, hingga akademisi.

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah berharap agar komite ini bisa dibreakdown hingga kabupaten dan kota. Alasannya sederhana, karena memang ada kebutuhan yang besar untuk mengkomunikasikan banyak hal terkait dengan badai informasi yang luar biasa. "Kalau kita sering ketemu pikiran, program, dan action plan. InsyaAllah semuanya akan ter-manage dengan baik," katanya. 

Lebih lanjut disampaikan Gubernur Khofifah, perubahan mindset atau tata pikir harus dibentuk dengan baik, jangan dibiarkan berjalan secara natural. "Konten kreator menjadi sangat penting untuk membuat produk-produk positif menghiasi dunia maya,” imbuhnya.

Berikut daftar anggota Komite Komunikasi Digital Provinsi Jawa Timur Tahun 2022-2024 meliputi:

  1. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Dr Hudiyono M.Si.
  2. Kepala Penerangan Kodam V Brawijaya, Letkol. Arm. Kusdi Yuli Suhandra.
  3. Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol. Dirmanto, SH, SIK.
  4. Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Fathur Rohman, SH., MH.
  5. Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur, Dr. Arief Rahman, ST., MM.
  6. Akademisi Universitas Airlangga, Dr. Drs. Suko Widodo, M.Si.
  7. Dosen Komunikasi Universitas Bhayangkara Surabaya, Dr. Fitria Widiyani Roosinda, S.Sos, M.Si.
  8. Sekretaris Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur, Dra. Saptini Darmaningrum.
  9. Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Prof. Akh, Muzakki, M.Ag, Grad. Dip. SEA, M.Phil., Ph.D.
  10. Kepala Pusat Kajian Sustainable Development Goals ITS, Dr. Dra. Ganes Tuti Rumiati, M.Sc.
  11. Dosen Fakultas Hukum Universita Airlangga, Dr. Hesti Amiwulan, SH., M.Hum
  12. Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Timur, Drs. Machmud Suhermono, M.I.Kom., M.IP.

(Yud)