News

PERSIAPKAN GURU PROFESIONAL, LPTK UIN SUNAN AMPEL SURABAYA ADAKAN BRIEFING REVIEW PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN PTK MAHASISWA PPG DALAM JABATAN MADRASAH DAN PAI ANGKATAN 1 TAHUN 2022

PERSIAPKAN GURU PROFESIONAL, LPTK UIN SUNAN AMPEL SURABAYA ADAKAN BRIEFING REVIEW PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN PTK MAHASISWA PPG DALAM JABATAN MADRASAH DAN PAI ANGKATAN 1 TAHUN 2022

Minggu, 22 Mei 2022, Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya melaksanakan Breafing Review Perangkat Pembelajaran dan PTK mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Angkatan 1 Tahun 2022.

Kegiatan yang dilakukan secara daring melalui zoom meeting kali ini dihadiri oleh Ketua Pengelola PPG PAI LPTK UINSA, Prof. Dr. Ah. Zakki Fuad, M.Ag., Ketua Program Studi PPG, Dr. H. Muh. Khoirul Rifa`i, M.Pd.I dan  seluruh pengelola PPG LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh seluruh mahasiswa PPG Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Madrasah angkatan 1 di LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Ibu Ainun Syarifah, M.Pd.I, dan Bapak Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd.

Kegiatan breafing review diawali dengan registrasi peserta kemudian dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan pembukaan yang dipandu oleh Ibu Nina Indriani, M.Pd. selaku pembawa acara/MC.  Sebagai pembuka kegiatan, seluruh peserta zoom meeting menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UINSA.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pengelola PPG PAI LPTK UINSA oleh Prof. Dr. Ah. Zakki Fuad, M.Ag. Dalam sambutannya, beliau memberikan ucapan selamat kepada peserta PPG yang telah berhasil melaksanakan perkuliahan sampai pada tahap ini. Beliau juga menyampaikan bahwa tingkat keberhasilan proses pembelajaran sangat ditentukan oleh perangkat pembelajaran yang disiapkan guru sebelum melaksanakan tugasnya.  Di sisi lain, guru juga perlu memperhatikan permasalahan yang timbul di dalam kelas terkait dengan pembelajaran. Sehingga, perlu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai solusi dalam menyelesaikan problem di dalam kelas.

Usai sambutan dari Ketua Pengelola PPG PAI, acara dilanjutkan dengan materi yang pertama yaitu mekanisme review PPP dan PTK oleh Ibu Ainun Syarifah, M.Pd.I. Beliau memberikan gambaran pelaksanan serangkaian kegiatan lokakarya, mulai dari persiapan Pengembangan Perangkat Pembelajaran sampai dengan PPL yang akan dilaksanakan antara bulan Juni sampai dengan Bulan Juli.

Pada materi kedua, Bapak  Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd. menjelaskan terkait pengenalan dan simulasi LMS. Beliau menjelaskan secara terperinci dengan langsung menampilkan contoh langsung tampilan LMS melalui share screen. Tidak lupa beliau mengingatkan kepada bapak/ibu peserta PPG untuk mencermati kebenaran data pribadi pada LMS. Selain itu dijelaskan pula terkait cara mengupload tugas-tugas dan tentunya akan ada notifikasi pada LMS masing-masing peserta jika ada tugas yang belum dikerjakan.

Setelah kedua materi disampaikan secara terperinci, di akhir acara dilakukan  sesi tanya jawab dengan cara mempersilahkan peserta raise hand untuk mengajukan pertanyaan yang dipandu oleh moderator. Pertanyaan pertama dari Ibu Indah Qomariyah terkait tugas mana dulu yang harus dikerjakan antara Pengembangan Perangkat Pembelajaran atau Penelitian Tindakan Kelas. Pertanyaan selanjutnya dari bapak Dulwahab dengan pertanyaan yang hampir sama, yaitu terkait proposal Penelitian Tindakan Kelas. Pertanyaan terakhir dari Ibu Khadijah yaitu tentang pelaksanaan PPL di kelas 6 SD, sedangkan kelas 6 saat ini sudah tidak ada pembelajaran. Pertanyaan-pertanyaan tersebut kemudian dijawab dan dijelaskan kembali secara singkat dan jelas oleh kedua pemateri. Setelah semua pertanyaan terjawab, kegiatan breafing ditutup oleh moderator. Untuk memeriksa kehadiran peserta Briefing review secara daring ini, pembawa acara mengingatkan bapak dan ibu peserta untuk mengisi link presensi online yang telah disediakan oleh panitia.